Serunya Menjadi Product Management

01.28

                                               

                   - Be A Product Management -

Di Indonesia nampaknya masih jarang orang mengenal tentang seorang Product management (Proman), mungkin orang kita lebih sering mendengar istilah Project Management, atau  Brand Management (pengalaman penulis hhe). Memang ketiganya memiliki jobdesk yang mirip menurut saya, tapi setelah ditelusuri masing-masing ketiganya mempunyai perbedaan yang cukup signifikan dan boleh dikatakan juga product management mencangkupi semuanya.

ProdBook halaman 37-38 mendefinisikan,

“Product Management is the process of conceiving, planning, developing, testing, launching, delivering and with drawing products in the market”

yang artinya Product Manajemen merupakan sebuah proses panjang yang terdiri dari memahami, perencananaan, mengembangkan, menguji, meluncurkan, mendistribusikan dan penggambaran produk di pasar. wow proses yang sangat panjang bukan yang biasanya dijalankan lintas divisi tapi kini dikelola oleh satu divisi bernama product management, can u imagine so powerfull team they have, iam so interested. i think Product management is an important organizational role :D.




Ok now saya akan mencoba menjadi seorang product management yang mirip juga sebagai Analyst dalam software development. Tugas saya kali ini adalah bagaimana melakukan management product Detikcom. Detik com sendiri adalah portal berita online yang me sangat populer di Indonesia dan menurut saya pelopor dalam menyajikan berita terkini (breaking news).

Produk dari Detikcom sendiri adalah iklan yang ditayangkan dihalaman detikcom baik dalam bentuk iklan baris, video atau banner. Iklan inilah yang menjadi pendapatan utama dari Detikcom. Hal pertama yang dilakukan pastinya adalah meet the client atau user yang akan memasangkan iklannya di detikcom. pada tahap ini bisa dikatakan sangat penting karena semua keinginan dan kebutuhan client harus terdeskripsikan dengan baik dan benar, untuk kemudian diinterpretasikan kepada tim project. Product Management menjadi jembatan atau jika dalam bahasa pemrograman bisa dikatakan sebagai interpreter, yang menerjemahkan bahasa manusia (client) kedalam bahasa mesin (team project) dan sebaliknya.

hal pertama yang saya kerjakan tentunya adalah research ini kemudian membuat mind mapping terhadap rencana kerja kedepannya nanti menggunakan aplikasi freemindmap, hal ini sering saya lakukan tidak hanya untuk membuat kerangka pemikiran namun juga untuk merangkum isi sebuah buku, dan terbukti sangat membantu dalam memahami suatu hal. berikut adalah rancangan dari mindmaping yang akan dilakukan dalam pengembangan product.

  


mind maping ini terbagi atas 4 cabang atau scope yaitu user, IT, marketing & sales, dan Content dan dimana product management (proman) berada? thats right sesuai gambar mapping yang saya buat diatas seorang  proman berada di tengah (irisan) antar 4 aspect bagian. 


User


ada 8 kegiatan yang dilakukan seorang proman kepada user yaitu :

1. Budget | tentunya bagaimana hasil akhir dari product yang akan dibuat tergantung pula oleh anggaran yang dimiliki client, bagaimana output yang didapatkan client juga sangat ditentukan oleh budget yang dimiliki client. maka client harus terlebih dahulu menentukan paket iklan serta metode tayang iklan (perhari,perdurasi, perklik dll) sesuai yang ditawarkan oleh bagian marketing & sales. contoh disini budget yang dimiliki client / user adalah 500 juta rupiah, dengan metode penayangan iklan perhari.

2. Requirement |  Apa saja yang dibutuhkan client terhadap iklan yang akan dihasilkan nanti harus terdeskripsikan dengan baik dan jelas. salah satu yang menjadi tantangan disini adalah ketika client tidak terlalu paham tentang gambaran produk diinginkannya sendiri :( lalu proman harus berusaha menggali informasi agar gambaran produk yang diinginkan client dapat terdeskripsikan dengan revisi yang sangat minim.

3. Purpose | tujuan menjadi hal penting juga untuk diketahui agar produk yang dihasilkan nanti sesuai dengan capaian yang ditargetkan, tujuan utama pemasangan iklan apa, kemudian tujuan lain juga harus dikatahui jelas. contoh kali ini misal Vivo V5 brand handphone asal tiongkok ini akan launching di Indonesia, maka tujuan utama dari iklan adalam memperkenalkan produk ini kepada masyarakat Indonesia, selain itu tentunya berharap produk vivo yang ditawarkan dapat laku keras dipasaran, dst.

4. Building Brand Image | brand image seperti apa yang ingin dibangun sangat menentukan bangaimana desain iklan akan dibuat.

5. UI / Sketch | kemudia dari requirement yang telah diketahui sebelumnya proman akan mendeskripsikan rancangan / Sketch kasar dari iklan yang akan ditampilkan.

6. Dealling | setelah gambaran desain dibuat dan client setuju dengan sketch yang disodorkan maka harus ada dealling diatas kertas terdapat kesepakan yang telah didapat. mengapa harus diatas kertas? ini penting dan akan menguntungkan kedua belah pihak. Client mendapat jaminan mendapatkan product sesuai kesepakatan, dan team project menjadi jelas terhadap jobdesknya.

7. Deatline | membuat kesepakatan deatline hasil yang diinginkan client dengan waktu kerja yang dibutuhkan team project sesuai produk yang akan dihasilkan.

8. Reporting | fase ini dilakukan berkala sesuai kesepakatan, minimal ada dua reporting yang dilakukan proman kepada client yaitu report hasil sebelum iklan naik tayang dan report hasil pasca iklan tayang.


                      Marketing & Sales

ada tiga sub divisi pada departemen Marketing & sales ini yaitu :

1. Designer | bertugas melakukan desain terhadap iklan yang akan ditayangkan. 3 hal utama yang dilakukan oleh tim designer antara lain merancang Mockup, Banner, dan Video sesuai keinginan client / user.

2. Digital Business | tim ini bertugas untuk mengatur traffict live iklan yang ditayangkan pada portal. waktu tayang tentunya sesuai deal paket yang telah disepakat sebelumnya antara user dan marketing dan user dengan proman.

3. Sales | tugas utama seorang sales pastinya melakukan promotion. dari sales dapat dikatahui pricelist dari harga iklan dan paket yang disediakan,  hal ini harus diketahui pula oleh proman agar dapat menyesuaikan antara budget dan product yang dihasilkan.


                                    IT


Tim IT menjadi pendukung produk yang dihasilkan, pada nyatanya mungkin tim IT lebih kepada develop system website atau aplikasi terkait, namun kerja sama dengan tim IT akan menbuat produk yang dihasilkan menjadi responsive dan robust. hal-hal yang dilakukan tim IT antara lain,

1. Develop System | membangun dan mengelola system portal atau aplikasi agar berjalan sesuai fungsinya

2. Product Live Cycle with Proman | dalam menghasilkan produk terutama yang berbentuk app pasti kolaborasi antar tim IT selaku programer dan Proman sebagai Analyst sangan dibutuhkan. Pada Live cycle product ini (iklan) pun IT berperan dalam tahapan developing.

3. Programing | membuat code pemrograman untuk membangun sistem atau produk yang diinginkan.

4. Result |  hasil dari developing system yang di kolaborasikan dengan design banner + Video oleh designer yang merupakan result dari product yang dirancang.

 Content


1. Colaboration | Berkolaborasi dengan tim konten untuk menampilkan iklan, sebagaimana contoh sebelumnya, disini vivo akan mengadakan launcing brand terbarunya yaitu vivo v5. ditengah Live report berita akan diselipkan iklan vivo v5 dan tanggal launching brand tersebut. untuk contoh seperti ini tentunya kolaborasi antara proman, digital business, dan content sangat diperlukan.

2. Consultation | tim konten yang lebih kepada bidang jurnalistik akan sangat mengerti tentang penempatan iklan dengan konten yang pas, dalam konten finance akan lebih cocok sebagai tempat iklan Bank, Asuransi dll, sedangkan iklan kosmetik tentu akan lebih pas tayang pada konten kecantikan atau lifestyle. Agar mendapatkan costumer yang tepat sasaran tentu penempatan pada konten yang tepat akan sangat membantu keberhasilan iklan yang akan ditayangkan.

Hasil akhir produk yang sukses dikerjakan sejatinya adalah keberhasilan tim dan team work yang solid. Proman yang hampir berada pada semua sisi irisan divisi hanyalah pengelola dan penyambung antara team work dan user, produk yang dihasilkan tidak akan selesai dengan baik tanpa adanya kerjasama tim dan tentunya good time management (akan dijelaskan pada postingan setelah ini) dan good budget management.


hal utama dari seorang proman adalah kepuasan pengguna dan menghasilkan produk yang bagus dengan budget yang murah atau paling tidak sesuai budget dan tepat waktu adalah perfect moment yang selalu diharapkan. Contoh result dari product yang telah dirancang sebelumnya adalah seperti gambar dibawah ini.


selain mind map hal penting lain yang dirancang adalah project management. adapun detail project management dari contoh kasus yang sama akan diterangkan pada postingan setelah ini. :)



You Might Also Like

0 komentar

silahkan jika ada saran dan masukan yang membangun...

attention

attention

lets Follow by Email

Translate