Merancang Project Management Iklan Online

04.56



"Project management is the application of processes, methods, knowledge, skills and experience to achieve the project objectives" (assosiation for project management).

Ada tiga elemen utama dalam project management yaitu scopetime, dan resources. Product management (proman) harus mampu memahami dengan baik bahwa solusi yang ingin dibuat harus mempertimbangkan keterbatasan time dan resources misalnya dari sisi bisnis, operasional, engineering, maupun teknologi. Product manager harus bisa membuat product roadmap dalam jangka waktu tertentu sebagai guideline agar tetap fokus. Dan terkadang dengan adanya keterbatasan time dan resources, product manager diharapkan dapat melakukan feature prioritization mana yang lebih memberikan impact lebih besar dari sekian banyak hal penting yang harus dikerjakan.
Pada banyak perusahaan yang menggunakan proses agile, sangat penting untuk mengatur waktu setiap minggu untuk mendefinisikan apa saja yang dibuat dalam beberapa minggu kedepan. Selain itu penting juga untuk rutin mengatur meetingalignment dengan berbagai divisi untuk memastikan produk yang dibuat berguna dan progres berjalan sesuai jadwal.
pada contoh projek yang telah dijelaskan pada postingan sebelumnya kini saya akan membuat detail jadwal project management beserta dengan scope, time dan resource yang ada menggunakan aplikasi gratise alias opensource bernama Ganttproject. Sebelum mulai merancang, sedikit tentang GanttProject dapat di unduh gratis tis tis di link berikut http://www.ganttproject.biz/download .aplikasi ini sangat mudah digunakan dan memiliki tampilan yang simple tapi powerfull, hasil dari rancangan project management kita bisa di export ke dalam format gambar (png,jpeg),PDF,HTML dll. oke back to topic. ada 5 resource yang terlibat pada project ini, diataranya :
1. Product Management
2. Designer
3. IT
4. Content
5. Digital Business
lima divisi inilah yang akan membangun produk sebagaimana contoh kasus yang dijelaskan pada postingan sebelumnya yaitu untuk band launching vivo v5.
dibawah ini adalah gambar gant chart dari rencana kerja beserta timing project iklan. 
hal pertama yang dilakukan adalah (proman) meeting dengan client di tanggal 3 january 2017. selanjutnya proman melakukan analisa terhadap requirement client yang telah disepakati pada fist meeting, durasi yang dibutuhkan adalah 2 hari dengan 5 activity yaitu :

1. Research
2. Requirement Analysis
3. Make sketch
4. make time scedule
5. Make PPT for delivered presentation to team work

kemudian dilakukan meeting bersama divisi terkait saling branstroming dan menyampaikan jobdesk masing - masing bangian pada project ini, durasinya selama 1 hari. setelah pembagian tugas telah jelas dan disepakati next masing-masing divisi menjalankan tugasnya. pada tahap ini yang mulai terlebih dahulu adalah tim designer dan IT, keduanya mulai ditanggal yang bersamaan untuk mengefisienkan waktu. durasi pengerjaan untuk tim designer adalah 9 hari, dan tim IT 10 hari, dengan detail activitas sesuai pada gambar.

setelah design banner + video dan perancangan system selesai dilakukan kedia tim yaitu designner dan IT melaporkan & mempresentasikan hasil kepada proman, meeting berlangsung pada tanggal 20 januari 2017 dengan durasi 1 hari. hasil yang telah diselesaikan tim designer dan IT kemudian dirangkum oleh proman untuk kemudian dilaporkan kepada user, sebelum naik tayang. dihari berikutnya yaitu tanggal 23 januari 2017 proman meeting dengan client untuk mempresentasikan hasil produk yang telah dibuat, jika ada revisi maka akan diperbaiki selama masih sesuai dengan perjanjian diawal, jika tidak ada revisi maka selanjutnya adalah menayangkan iklan ke portal.

sebelum menayangkan pada portal terlebih dahulu proman meeting dengan content untuk menyesuaikan tempat (konten) yang tepat untuk iklan dipasang. hal ini sifatnya optional, dilakukan jika memang diperlukan, untuk iklan premium, tentu akan ditampilkan pada tampilan home portal detikcom. project dengan budget 500jt ini maka termasuk pada iklan premium yang akan tampil pada halaman utama (home) detikcom, seperti dibawah ini.




setelah itu iklan akan live di portal dan hal ini dikelola oleh tim digital business, digital business yang mengelola trafict dari iklan yang ditayangkan pada portal, baik iklan baris maupun iklan premium. selama masa tayang iklan akan dilakukan pemeliharaan kemudian setelah masa kontrak iklan berakhir, tim porman akan melakukan analisis pengunjung dari iklan yang ditampilkan, hasil dari analisis data google analitic ini kemudian akan dilaporkan kepada client.

selain dalam bentuk gantt chart task activity, ganttproject juga dapat menampilkan gant chart dari masing - masing tim, dam mengelompokan task activity sesuai dengan tim kerjanya (resource). gambar dari rancangan gant chart resource dapat dilihat pada gambar dibawah ini,



dari sini dapat dikelompokan tiap tim resource dengan task activitynya masing-masing. sehingga proman dapat memantau hasil dan progress dari masing -masing team.

selain dalam bentuk ganttchart ganttprojeck juga dapat menampilkan project management dalam bentuk pert chart, bentuk dari pert chart adalah seperti gambar dibawah ini,

                                               
                                             

pert chart menampilkan task activity dalam bentuk balok, dengan dilengkapi judul task, start and end duration project.

adapun budget management dari total anggaran 500jt adalah sebagai berikut :

1. Advertising Development = 200 jt
2. Cost Advertising                = 300 jt

dengan biaya rincian cost advertising perhari adalah 15 juta, maka lama tayang adalah 20 hari (from 25 January 2017 -  13 February 2017) maka data analisis dilakukan pada tanggal 14 january dan reporting result to client pada tanggal 15 february 2017.

sekian penjelasan rancangan projek management yang saya buat semoga bermanfaat. wassalam ^_^.

Nb : Budget, project dan harga yang ditulis bukanlah real data, melainkan sebuah perumpamaan / contoh kasus yang di rasionaliskan.



You Might Also Like

0 komentar

silahkan jika ada saran dan masukan yang membangun...

attention

attention

lets Follow by Email

Translate