Introduction Analityca Software

00.19





Analytica adalah paket perangkat lunak visual yang dikembangkan oleh Lumina Decision System untuk membuat, menganalisis dan berkomunikasi menggunakan model keputusan kuantitatif. Sebagai lingkungan modeling, software ini menarik karena menggabungkan pengaruh diagram hirarkis untuk menciptakan visualisasi dan tampilan model, intelligent array untuk bekerja dengan data multidimensi, simulasi Monte Carlo untuk menganalisis risiko dan ketidakpastian, dan optimasi, termasuk pemrograman linear dan nonlinier. 

Rancanganya, terutama terhadap pengaruh diagram dan tindakan terhadap ketidakpastiannya, didasarkan pada ide-ide dari bidang analisis keputusan. Sebagai bahasa komputer, penting dalam menggabungkan (non-prosedural) struktur deklaratif untuk transparansi referensial, berbagai abstraksi, dan pemeliharaan ketergantungan otomatis untuk sequencing efisien juga perhitungan. Dibagung pada tahun 1991 oleh lumina Decision System, model spreadsheed yang digunakan pada software ini sangat kompeten. Hal ini membuat komunikasi menjadi lebih jelas antara analis,ahli domain, pengambil keputusan dan pemangku kepentingan.




Pengaruh Hirarki Diagram


Model Analytica mengatur pengaruh diagram. Variabel (dan objek lainnya) muncul sebagai node dari berbagai bentuk pada diagram, dihubungkan dengan panah yang memberikan representasi visual dari dependensi. pengaruh diagram Analytica dibuat dalam bentuk hirarkis, di mana node modul tunggal pada diagram mewakili seluruh submodel.

Pengaruh Hirarkis diagram di Analytica berfungsi sebagai kunci utama organisasi. Karena tampilan visual pengaruh diagram cocok dengan kemampuan alami manusia, ini baik secara spasial dan tingkat abstraksi, orang dapat mengambil informasi lebih tentang sekilas struktur model dan organisasi, juga memungkinkan digunakan oleh orang walau orang tersebut memiliki paradigma visual yang kurang, seperti tentang spreadsheet dan ekspresi matematika.
Mengelola struktur dan organisasi dari model skala besar menjadi bagian penting dari proses modeling, tapi secara substansial dibantu oleh visualisasi pengaruh diagram.

Pengaruh diagram juga berfungsi sebagai alat komunikasi. Setelah model kuantitatif telah dibuat dan hasil akhir dihitung, sering terjadi kasus tentang pemahaman bagaimana hasil diperoleh, dan bagaimana asumsi berbagai dampak hasil, ini jauh lebih penting dari pada menghitung nomor tertentu. Kemampuan dari target audiens untuk memahami aspek-aspek ini sangat penting untuk modeling enterprise. Representasi visual dari sebuah pengaruh diagram lebih cepat dipahami pada tingkat abstraksi sehingga biasanya lebih tepat untuk dilakukan dari pada representasi rinci seperti ekspresi matematika atau formula sel. Bila diinginkan lebih detail, pengguna dapat melakukan drill down ke tingkatan yang lebih detail, dimudahkanlagi  oleh gambaran visual dari struktur model.

adanya model yang mudah dimengerti dan transparan mendukung komunikasi dan debat dalam suatu organisasi, dan efek ini adalah salah satu manfaat utama dari pembuatan/pembangunan Model kuantitatif. Ketika semua pihak yang berkepentingan dapat memahami struktur model yang umum, perdebatan dan diskusi akan fokus dan lebih bersifat langsung pada asumsi tertentu, dapat mengurangi "cross-talk", sehingga menjadikan interaksi yang lebih produktif dalam organisasi. Pengaruh diagram berfungsi sebagai representasi grafis yang dapat membantu untuk membuat model yang dapat diakses orang pada tingkat yang berbeda.
 

You Might Also Like

0 komentar

silahkan jika ada saran dan masukan yang membangun...

attention

attention

lets Follow by Email

Translate