review : Film Bulan Terbelah Dilangit Amerika

03.13


Alhamdulillahirabbil alamin, setelah berjibaku dengan segala urusan yang padat diminggu ini akhirnya ada spare waktu untuk share sedikit (eh banyak juga kayanya :D) tentang film bulan terbelah yang kemarin saya tonton. 

Finnally bisa nonton film karya mbak hanum lagi yang kali ini disutradarai oleh sutradara ternama yaitu Rizal mantovani. Btw thanks alot buat mbak hanum yang cantik, pintar dan baik hati untuk Maha karyanya dan sekarang saya mau memberikan komentar dan review untuk film bulan terbelah dilangit amerika dengan seobjektiv mungkin.

honestly saya bukan tipe yang suka nonton bioskop bahkan nonton tv saja kadang suka malas, tapi semenjak dari 99 cahaya dilangit eropa saya mulai jatuh cinta dan mengagumi karya - karya pasangan fenomenal ini (hanum-rangga) dan selalu menanti karya-karya mereka berikutnya. and then begitu bulan terbelah muncul tanpa pikir panjang lagi, harus nonton.

Secara garis besar film ini menceritakan kisah dibalik tragedi WTC 11 september 2001 dikota New york amerika serikat. Mungkin kita sudah sering melihat film yang mengambil tema ini, seperti contohnya film dari negeri india yaitu my name is khan. Tapi ada sudut pandang lain yang diceritakan hanum rais dan suami disini, yang membuat film ini begitu kuat, berbobot tapi tetap mudah dicerna. "would the world be better without islam?" seakan menjadi tag line dari film ini yang menjadikan siapa saja termasuk saya tercengang, apa maksudnya? ada apa? kenapa?. Satu kalimat yang sangat  sensitiv, riskan dan mungkin kontroversial. ya tapi itu lah yang akan ditekankan disini. sebuah pembuktian yang objektiv dan kaya untuk menjawab pertanyaan tersebut, bagaimana dan apa jawabannya semua terjelaskan difilm ini. 

Semua bermula dari tugas atasan hanum yaitu Gertrud yang menginginkan hanum membuat artikel liputan yang berjudul "would the world be better without islam?" sesuatu yang membuat hanum sendiri kaget, diterangkan beberapa fakta-fakta yang terungkap dibalik tragedi pagi tragis tersebut oleh gertrud yang secara lengkap dikumpulkan kliping demi kliping dalam satu buah map berwarana kuning. map tersebutlah yang menjadi bekal utama petualangan hanum di negri paman sam untuk mencari kebenarannya, dan hanya ada satu tanpa ada salinannya maka hanum diminta untuk menjaganya dengan benar, pesan gertrud.

( aca septriasa as hanum, yang bingung harus mencari narasumbernya kemana ) 

bersamaan dengan tugas yang juga misi besar hanum tersebut, suaminya rangga almahendra ditugaskan profesor reinhard untuk meghadiri konferensi yang menghadirkan Philipus brown sebagai pembicara, dia (philipus brown) adalah seorang miliuner amerika yang tidak hanya kaya raya tetapi juga penuh derma pada sesama, dibuktikan dengan eksistensinya dalam membantu korban perang. Donasi tak tanggung tanggung yaitu sebesar US$100 juta dikeluarkannya untuk membeasiswai anak anak korban perang irak dan afganistan. Bukan tanpa alasan mengapa philipus brown yang seorang non muslim ini menjadi sangat dermawan dan seakan sangat mengamalkan prinsip yang kita sebagai muslim kenal dengan sedekah.

( abimana as Rangga, seorang yang berwibawa, penyayang, imam yang baik)

selama di new york rangga dan hanum tinggal dirumah temannya sewaktu di vienna yaitu stefan, ya stefan rudolfsky si atheis yang selalu menggelontorkan kata kata lucu tentang tuhan sewaktu difilm 99 cahaya dilangit eropa. selain sekelumit misi yang diemban hanum dan rangga disini juga menampilkan sosok baru yang belum ada sebelumnya pada 99 cdle yaitu jasmine sebagai kekasih steffan dan julia collins yang menjadi penyelamat tugas hanum yang juga keluarga korban tragedi 11 september.

julia collins yang memiliki nama islam azima husein adalah istri dari korban tragedi 11 september. suaminya ibrahim husein menjadi korban naas peristiwa tersebut bahkan tanpa ada jejak jasad yang ditemukan diatara puing puing reruntuhan gedung, yang membuat julia collins semakin sedih dan berfikir ada secercah harapan suami tercintanya itu masih hidup. walau takdir berkata lain, pahit kenyataan bahwa suaminya tersebut sudah tiada harus diembannya bersama seorang putri semata wayangnya sarah collins. julia collins merupakan salah satu narasumber yang diandalkan untuk memberikan secercah harapan kepada hanum agar dapat menjawab pertanyaan artikelnya dengan "tidak". Pada awalnya julia collins menutup diri dan menolak melakukan wawancara, namun dengan kegigihan dan kerja keras hanum mampu meyakinkan julia collins dan keluarganya untuk diwawancara.


( julia collins / azima husein dan Sarrah collins / sarrah husein )

cerita terus bergulir sehingga fakta demi fakta terus terkuak, keterhubungan philipus brown dengan suami julia collins, rasa dendam michael jones pada islam karena istrinya yang meninggal pada tragedi tersebut dan masih banyak lagi, maka bakal nyesel kalo tidak nonton.

salah satu yang mencuri perhatian juga difilm ini yaitu kisah cinta steffan dan jasmine yang cukup memilukan. jadi bisa dibilang film ini adalah paket yang komplit untuk sebuah film. film yang mengajarkan banyak hal tanpa terasa menggurui, mendidik tanpa menghardik , menyentuh hati, menyejukan mata dengan pemandangan indah kota new york, sekaligus menguras air mata, tapi tetap dibumbui unsur humor yang sesuai porsinya. hanum rais dan suami memang selalu bisa mengemas novel nya menjadi film yang pas dan ngena banget. Akting dari semua pemainya sangat mengalir dan natural, didukung dengan kefasihan semua pemain dalam berbahasa inggris yang membuat penonton mungkin percaya bahwa semua pemain pendukung merupakan warga asli amerika.

( all cast Bulan terbelah dilangit amerika )

( Pemain pendukung Bulan terbelah dilangit amerika )


sebagai penggemar karya tulisnya, saya juga merasa puas dengan hasil filmnya yang tidak jauh menyimpang dari isi bukunya, dengan segala kemakluman yang lumrah dilakukan semua film yang diangkat dari novel yaitu penyesuaian cerita, menjadikan film ini bisa diterima tidak hanya dari pihak penikmat filmnya tapi juga penggemar bukunya. kebanggan terhadap islam sangat terasa seusai menonton film ini. kebanggan yang mungkin mulai terkikis dikarenakan oknum - oknum yang membajak nama islam untuk melakukan tindak terorisme. 

film ini membuka sudut pandang dan faktualitas baru bagi saya tentang hal yang sebenarnya terjadi dibalik tragedy  WTC 11 september diNew York yang menyebabkan metafora terpecahnya perdamaian antara masyarakat Amerika Serikat dengan kaum muslim. Lewat film ini kembali ditegaskan secara gamblang makna dari islam yang sesungguhnya, islam yang rahmatalil alamin. Terorisme bukanlah agama maka jangan pernah menyalahkan agama. diakhir film ada kalimat yang sangat saya sukai dari hanum yang diperankan aca septriasa,

“Setiap hari, berulang puluh kali, muslim akan menebarkan “SALAM” untuk sekitarnya. Menyapa dengan kedekatan. Kehangatan, dan kedamaian. Sebagaimana “ISLAM” dimaknai sebagai “SALAM” yang berarti kedamaian."

Dunia tanpa islam adalah dunia tanpa kedamaian
Islam tanpa amalan adalah kehampaan
Amalan tanpa iman adalah kegelapan.

walau ini seperti film yang "agak" berat jika dibandingkan dengan film-film lainnya yang sama-sama tanyang di desember 2015 ini, tapi justru this is the point buat saya harus nonton dan juga anda pastinya. bagaimana setelah mengeluarkan uang untuk menonton kita keluar bioskop tidak dengan tangan kosong apalagi hati kosong. tapi banyak pelajaran bahkan pengetahuan yang bisa dibawa pulang seusai nonton film ini. maka saya sangat setuju pada pernyataan bahwa film ini penus nafas intelektual dan pengetahuan bagi penonton yang cerdas (republika). jadi siapapun kamu yang sudah menonton film ini (termasuk saya) whe are smart generation :) Allahumma aamin...

#bulanterbelahdilangitamerika #filmbaik #filmberkualitas #filmnasional #dukung #karyaanakbangsa 

sukses terus dan terus untuk mbak hanum dan mas rangga semoga segala jerih payahnya dibalas Allah SWT dengan hasil terbaik, aaminn

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
chek this NOW !!! ^_^

web          : http://bulanterbelah.com/
facebook  :  https://www.facebook.com/99CahayaOfficial
twitter     : @bulanterbelah
instagram : @bulanterbelah
youtube   : https://youtu.be/D_mdiiXJ4P0



You Might Also Like

0 komentar

silahkan jika ada saran dan masukan yang membangun...

attention

attention

lets Follow by Email

Translate