Pemuda,Politik dan Peran sertanya

20.29

tugas2 : Bahasa indonesia (soft skill)
author : Ika amalia S (29110391)
kelas   : 3KB01



 

Pemuda adalah aset bangsa yang harus terus digali dan ditingkatkan kemampuannya. Karna dari pemuda yang cemerlanglah dapat dicapai sebuah Negara yang sejahtera.politik sebenarnya bermakna mulia.dalam bahasa Indonesia sendiri mengartikan politik sebagai kepentingan umum warga Negara suatu bangsa,yang bertujuan memajukan pemerintahan dan kesejahteraan.namun mengapa politic dalam masa kini lebih condong kearah yang bersifat kekuasaan,penindasan,intrik,siyasat,dan diskriminasi,Nampak nya arti politik telah dipasung kearah yang tak ada manfaatnya sama sekali bagi kaum tingkat bawah seperti rakyat.dalam makalah penulis bertujuan mengembalikan makna polotik sesungguh nya dan peran serta kaum muda didalamnya,yang selama ini sepertinya disisihkan karna sangat jarang para elite politik yang menyertaka kaum muda didalamnya,yang ada kaum muda hanya menjadi penonton terhadap perilaku-perilaku politik saat ini,dan bagaimana dampak nya jika pemuda terjun kedunia politik,maka penulis memilih judul Budaya Politik di Indonesia dan Peran Serta Pemuda.

 Kehancuran bangsa dan penjajahan baru tidak akan datang pada kita kecuali jika kita membiarkan bencana dan penjarah terus datang tanpa tindakan dan solusi yang kongkret.

Perubahan tidak boleh berhenti.berhentinya perubahan adalah penghianatan terhadap nilai-nilai kemerdekaan dan kemanusiaan.menghentikan roda perubahan adalah kemunduran peradaban manusia.dan kemerdekaan Indonesia adalah pilihan perubahan bagi tegaknya nilai-nilai kemerdekaan,kemanusiaan,dan kemajuan peradaban bangsa dan Negara.

Kini cita-cita kemerdekaan 1945 hanyalah mimpi belaka.kehancuran Negara dan bangsa ini begitu sistemis dan fundamental.perilaku politik belah bamboo,monopoli ekonomi,kekuasaan yang peragu dan otoriter.ketidak pastian hukum dan lain sebagainya adalah warisan bangsa penjajah yang telah melemahkan daya bangsa secara kolegtiv ditengah  persaingan dengan bangsa-bangsa lain.menyadari berat na tantangan bangsa dalam mewujudkan peradaban Indonesia yang egaliter,demokratis,dan berkeadilan maka kaum muda Indonesia mengeluarkan pokok-pokok program revolusi yang menjadi dasar konstruksi Indonesia masa depan yang di cita-cita kan.
1.  Marebut wacana kepemimpinan,wacana masa depan dan praktik ketata negaraan yang lebih bermartabat
2.      Menata ulang cita-cita masa depan bangsa sebagai realisasi dari Negara yang plural demokratis.
3.  Merekonstruksi baru sebagaikatartis dan arena yang membebaskan dengan melibatkan seluruh element masyarakat
4.  Menyelenggarakan  “keadilan untuk semua” sebagai realisasi dari pesan dasar bangsa Negara hukum.
5.   Redistribusi kekayaan alam,kekayaan intelektual,kekayaan moral,sebagai cita-cita bagi pencapaian masyarakan Negara sejahtera.
6.      Mentradisikan perbedaan (bhineka) memupuk oposisi,membagi 

kekuasaan,melancarkan masyarakat yang aktiv, partisifativ,dan kontestatif. Kesemua itu dapat direncanakan, dicapai ,dan diulai dengan melaksanakan kepemimpinan kaum muda yang memiliki prinsip-prinsip perjuangan dalam tujuh hal penting:
1.      Kami merealisaikan ideology “lkeindonesiaan yang demokratik dan kerakyatan(idemkra)
2.     Menciptakan sebuah “consensus social yang demokratis dengan melibatkan seluruh warga Negara untuk membangun konstitusi yang adil berdasarkan law governed state yang bersendikan keadilan.
3.      Membentuk kepemimpinan nasional yang demokratis dan ditujukan untuk mengahiri regenerasi kepemimpinan nasional.
4.      Pembangunan pertanian dan industrialisasi nasional tanpa ketergantungan terhadap Negara lain.
5.      Mentradisikan budaya sipil martabatif,demokratis kerakyatan,dan ilmiah.
Beradu argument,menciptakan paradigm menyosialisasikan visi kaum muda bukanlah gerakan yang omomg kosong.       

Sulit memang mengharapkan  munculnya pemimpin baru diera reformasi karena lengsernya soeharto pada 21 mei 1998 tidak dengan sendirinya menyebabkan hilangna budaya politik.transisi dari rezim orde baru yang korup dan otoriter menuju Negara demokrasi tidaklah berjalan dengan mudah.pada dasarnya tidak pernah terjadi pergantian rezim di Indonesia ,sebab yang terjadi hanyalah sekedar transplacement rezim dimana secara fisik mantan pejabat-pejabat dan para politisi masa lalu 

Dalam baru-baru ini kita melewati hari sumpah pemuda, Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia, proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudia mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi Mengangkat Harkat dan Martabat Hidup Orang Indonesia Asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.

Rumusan Sumpah Pemuda ditulis Moehammad Yamin pada sebuah kertas ketika Mr. Sunario, sebagai utusan kepanduan tengah berpidato pada sesi terakhir kongres. Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Yamin.walau ada dari sebagian dari pemuda itu sendiri tidak tau akan sumpah pemuda.maka Nilai dan sikap positip seperti di atas yang ada pada setiap pribadi manusia Indonesia harus terus dibangkitkan dan tetap menyala-nyala dalam memperjuangkan kebangkitan nasional Indonesia kedua, tanpa itu semua kebangkitan nasional seperti tubuh tanpa ruh.

Untuk menumbuh-kembangkan nilai-nilai dan sikap postip dalam kehidupan sehari-hari tidaklah semudah membalikan telapak tangan, harus diajarkan kepada anak-anak sedini mungkin. Oleh karena itu sistem pendidikan yang baik dan sarana penunjangnya harus dijadikan langkah strategis kebangkitan nasional kedua. 

Pendidikan yang mengajarkan nilai dan sikap yang baik akan menstimulus peserta didik untuk berlaku cinta kepada tanah airnya dan sesamanya serta mengajak bangsanya pada kehidupan yang lebih baik. Mewujudkan kehidupan yang lebih baik adalah bentuk kebangkitan nasional, yang tentunya harus selalu ditingkatkan sampai kepada tingkat dimana kehidupan bangsa Indonesia layak dijadikan contoh bagi bangsa lain.

Sistem pendidikan yang baik tidak sekedar mencetak peserta didik menjadi pandai atau mencetak tenaga kerja ahli atau trampil. Sistem pendidikan yang baik adalah menjadikan peserta didik menjadi dirinya yang diarahkan agar memahami fungsi dirinya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sehinga menjadi kader dan pemimpin bangsa yang mumpuni.

Siap menjadi kader dan pemimpin bangsa adalah sikap terbaik dari peserta didik sebagai awal bagi kebangkitan nasional sekaligus indikator keberhasilan pendidikan di Indonesia. Dengan siap menjadi pemimpin bangsa berarti peserta didik akan mempersiapkan diri untuk mewujudkannya dengan nilai-nilai dan sikap positip lainnya.sebagai penutup saya ingin memberikan sedikit kesimpulan dan saran,

Kesimpulan
Kita sebagai masyarakat yang berkewarganegaraan Indonesia harus lah memiliki rasa patriotism terhadap negara kita sendiri,polotik memiliki ikhtisar yang sangat mulia namun bisa menjadi hina oleh karna praktisi politik itu sendiri,maka kini saat nya kaum muda menunjukan kemampuan dan berkiprah dikancah politik dengan membawa semangat dan jiwa muda membawa kebenaran ke hidupan Indonesia tercinta.

Saran
Optimisme haruslah dimiliki seorang pejuang muda mungkin masa muda banyak digunakan oleh sebagian orang dengan hal-hal yang kuran bermanfaat,namun bagaimana nasib bangsa kita kedepan jika dari pemudanya saja sudah acuh tak acuh terhadap bangsanya.maka bangga lah menjadi bangsa Indonesia dan berjuanglah untuk kemajuan Indonesia.   

DAFTAR PUSTAKA


1.      Haryono yudi,dwi laksono.2008.Merebut Mimpi Bangsa.Jakarta:Kalam nusantara
2.      Winters Jefri A.2010.Indonesia Menentukan Nasib.Jakarta:Gramedia
3.      Suprapto dkk.2007.Pendidikan Kewarganegaraan.Jakarta:Bumi Aksara
4.      Santoso budi.2007.Modul Kewarganegaraan.Surakarta:CV Hayati Tumbuh Subur
5.      Budiarjo,Meriam.1997.Dasar-dasar ilmu politik.Jakarta:Gramedia

 

 


You Might Also Like

0 komentar

silahkan jika ada saran dan masukan yang membangun...

attention

attention

lets Follow by Email

Translate