16.43

sebuah inovasi green gadget


Foto:  www.etoncorp.com

Tahun 2011 mencatat sejumlah inovasi dan produk eletronik ramah lingkungan. Pada 2012, fitur ramah lingkungan pada produk elektronik diprediksi akan semakin banyak, dan bukan tidak mungkin menjadi standar. Salah satu pameran elektronik terbesar di dunia, Consumer Electronic Show (CES) 2012 di Las Vegas, AS, menjajikan sejumlah inovasi green gadget. Inhabitat.com memilih sejumlah green gadget terapik dan menarik yang akan diluncurkan pada 2012.
 
Pertama adalah Rukus, speaker portabel bertenaga surya. Eton meluncurkan produk baru bernama Rukus. Sebuah speaker portabel dilengkapi fasilitas Bluetooth. Perangkat ini didukung oleh sebuah panel surya monocrystal dan speaker tanpa kabel yang bisa menghasilkan musik, melalui jaringan Bluetooth.
 
Kemudian ada Eco ATM, pendaur ulang perangkat elektronik. Perangkat ini merupakan mesin otomatis yang berfungsi sebagai alat jual beli, tukar tambah, hingga daur ulang perangkat elektronik. Dengan memasukkan barang eletronik yang sudah tidak terpakai pada mesin Eco ATM,  dengan otomatis akan tampak harga jualnya. Lalu pelanggan akan mendapatkan kupon penawaran harga, uang tunai, dan atau kontribusi amal.
 
Ada juga pengatur suhu ruang otomatis dari Nest. Alat ini akan menciptakan kenyamanan bagi temperatur suhu ruangan anda sehari-hari. Tahap awal penggunaan, anda hanya butuh menjawab beberapa pertanyaan mengenai kebiasaan anda dalam mengatur suhu ruang. Selanjutnya Nest akan melakukan apa yang telah anda ajarkan dalam waktu sepekan ke depan. Gambar daun hijau akan tampak pada Nest ketika anda melakukan penghematan energi. Oleh karena itu, terapkan pengaturan suhu yang hemat energi, maka Nest akan membantu anda hidup hemat.
 
Masih ada 4 jenis perangkat lainnya yang dipilih sebagai green gadget 2012 antara lain; sebuah perangkat generator portabel dengan inovasi tenaga surya dari Wagan Tech. Lalu monitor 22 inci dari AOC, dengan terobosan tenaga dan sinyal hanya dari sebuah USB. Program XO-3 tablet buatan One Laptop Per Child (OLPC) berukuran 8 inci dengan inovasi hemat energi, juga terpilih menjadi green gadget 2012. Dan yang teakhir, produk dari perusahaan SolarFocus Technology, bernama Solar Kindle. Ini merupakan sarung buku elektronik pertama di dunia yang sekaligus berfungsi sebagai panel surya. 
 
Dari berbagai alat canggih inovasi diatas mungkin belum ada yang membuatnya menjadi lebih inovatin lagi mka saya berkeinginan untuk mengembangkan dengan lebih maximal lagi dan kemudian kelak akan bermanfaat dinegeri kita ini,terutana didaerah jakarta yag teramat panas karna sebagai kota metro politan yang sangat bersahabat dengan polusi dan polutan maka dengan green gadget saya nanti semoga dapat mengurangi panas kota jakarta yang semakin hari semakin bertambah,dan tentunya inovasi-inovasi seperti ini yang berbasis ecoliving dan penghijauan harus terus ditingkatkan oleh semua kalangan terutama para ilmuan dan mahasiswa.karna sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat untukmanusia lainnya,dan sebaik-baiknya warga negara adalah yang memberi kopntribusi terhadap kemajuan negaranya. :)) ikaamalia
sumber : www.satulingkar.com

You Might Also Like

0 komentar

silahkan jika ada saran dan masukan yang membangun...

attention

attention

lets Follow by Email

Translate