20.36

kekuatan untuk memaafkan




setiap manusia tidak luput dari kesalahan,itulah yang pasti diketahui oleh setiap orang namun apakah hal itu malah menjadi alasan seseorang berbuat salah,jika kita bisa meminimalisir kesalahan itu bukankah itu lebih baik???lisan itu mudah untuk diucapkan,telah indah allah menganugerahkan lisan kepada kita,namun mengapa harus kita kotori lisan ini dengan kata-kata yang hanya dapat membuat yang mendengar menjadi sakit hati???


"jika pedang melukai tubuh masih ada kemungkinan sembuh,namun jika lisan melukai hati kemana obat harus dicarii????"


jalan satu satunya adalah dengan memaafkan,Walaupun mudah diucapkan, memaafkan bukanlah perbuatan yang mudah dilakukan. Ketika seseorang telah akan dicelakai, maka yang tertanam biasanya perasaan dendam dan ingin membalas. Perasaan seperti itu adalah wajar dalam diri orang biasa. Namun, sikap memaafkan hanya ada pada diri orang luar biasa. Pantas saja ada sahabat di zaman Rasulullah yang disebut oleh beliau sebagai ahli surga sampai tiga kali. Ternyata amalannya "hanyalah" suka memaafkan. Setiap malam menjelang tidur ia memaafkan dosa-dosa orang yang telah mendzaliminya dalam sehari itu. 


yang saya harapkan saat ini tak lain tak bukan adalah kelapangan hati seperti sahabat nabi tersebut... semoga saya bisa mencapainya....amien...

You Might Also Like

0 komentar

silahkan jika ada saran dan masukan yang membangun...

attention

attention

lets Follow by Email

Translate