AKU dan JILBABKU....

22.09





”Ka,aku malu pake jilbab,malu dibilang sok alim,sok suci”
”Ka,aku malu pake jilbab,malu dibilang gak modern”
”Ka,aku malu pake jilbab,malu dibilang gak gaul”
”Ka,aku malu pake jilbab,malu dibilang bu haji”

hmm.. petikan kalimat diatas sudah seringkali terpapar oleh gadis remaja tiap kali diseru,diajak utk menutup aurat dg berjilbab.. ,1001 alasan dgn kata ”MALU”
Saudariku sbgai mana sebuah hadist mnyebutkan
"Sesungguhnya malu adalah sebagian dari iman"
HR.BUKHARI.

Sebagai org yg briman pasti punya rasa malu,,
malu adlh kunci awal dr suatu kebaikan,krn kita malu jika berbuat satu kesalahan. Tapi yg trjadi skrg adlh qt salah kaprah dlm menempatkn malu.seperti petikan diatas, qt malu utk mlakukan suatu kebenaran, qt malu untk mlaksankan perintah Allah, qt malu, malu dan malu kpd manusia ketimbang kpd Allah, krn qt lbh mendngar perkataan mreka,
celoteh2 mereka, daripada qt mendengar perkataan Allah, yakni ayat2NYA..
kepada siapakah kita lebih berhak malu saudariku? pastilah yg utama adalah kepada Allah.

Duhai saudariku, menutup aurat adlh perintah Allah, salah 1 syari'at di dlm islam yg wjib dilaksanakan.
dalam Qur'an surat Al Ahzab ayat 59: “Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang.”

demikianlah printah Allah..
lalu kenapa qt malu untuk menutup aurat?? bukankah sharusnya qt malu jika aurat qt biarkn trbuka, di lihat oleh org yg bukan muhrim qt. qt harusnya malu jika mgaku muslim tp sifat2 muslim tdk ada pd diri qt. Jika qt sibuk dg malu krn
mendengar omongan2, ocehan2 di skeliling qt,maka qt ga akn pernah bisa maju. sbgaimana gambaran berikut,

dikisahkan ada seorg ayah dan anaknya yg masih belia serta seekor kuda kecil, mrka hendak pergi menuju suatu tmpat,
naiklah sang anak keatas punggung kuda dan si ayah brjalan mengiringinya disamping kuda smbil pegang tali kuda,
tiba2 di dlm perjalanan,mrk berpas pasan dg seseorang, seseorg tsb brkata, wah nak,kok ayahnya dibiarkan jalan,kan bliau sudah tua.
apakah kamu gak kasihan pada ayahmu?

mendngar prkataan dmikian, brgantianlah mrka, si ayah naik kepunggung kuda, dan si anak brjalan disampingnya smbil memegang tali kuda,mulailah mrk brjalan..
tak lama kmudian langkah mrka trhenti,ada seseorg brkata pd mrka, Wah,pak ko anaknya ga naik aja skalian brsama bpk,malah dibiarkan jalan,kan kasihan pasti anak bpk letih.
stelah mdngar ucapan orang tsb, si bpak lgsg menaikan si anak kepunggung kuda, duduklah mrka brdua dipunggung kuda dan mlanjutkan perjalanan..

baru 10menit brjalan,langkah mrka terhenti lg,krn mendngar seseorg brkata pd mreka,
waduh,bpak ini gimana sih,masa' kuda kecil di tunggangi 2orang skaligus.. kasihan pak,kudanya..
lagi2 si bpak turun stlah mdngar ucapan dmikian,lalu si bpk menurunkan si anak pula krn kasihan pd si kuda yg mungkin kelelahan.

lalu mulailah mrka brjalan lagi, bapak dan si anak brjalan disamping kuda mrka.. mereka menyusuri jalan lurus tsb dg sesekali brhenti karena letih
lalu mulailah mrka kembali berjalan, tak lama mrka berjalan,lagi2 langkah mereka terhenti, seseorang menyapa mereka dan berkata,
Bapak dan anak bapak tampaknya letih skali ,pasti perjalanan kalian dr tempat yg jauh, mengapa kalian tidak naiki saja kuda ini,
pasti akan lebih cepat sampai, knapa kalian malah berjalan, kan mubazir pak,punya kuda tp tidak dimanfaatkan.
Akhirnya si bpk dan si anak kembali naik kepunggung kuda, mulai menungganginya,akhirnya sampailah mereka.

Begitulah yg akan trjadi,langkah qt akan slalu terhenti & tertunda dalam menuju atau mlaksanakan suatu niat yg baik jika qt trlalu mendngarkan celotehan orang lain. kecuali perkataan yg mengarah pd kebaikan.
Kembali kepada bahasan tentang malu, yuk mari saudariku, letakanlah malu pd tempatnya.

jika qt malu di bilang sok alim, sok suci, tidak apa2,bukankah akan lebih malu lg jika qt dibilang bejat??

jika qt dibilang gak modern,gak perlu minder, bukankah terbalik, justru dg mengikuti Al-Qur'an qt mjdi org2 yg modern,manusia berakhlaq. coba tengok ke jaman kejahiliyahan sblum turun nya Qur'an, wnita2 tidak menutup auratnya, pergaulan mreka bebas antara lawan jenis, justru orang2 yg masih berlaku seperti ini, merekalah yg tidak modern.

dibilang gak gaul? gaul itu harus pinter, pinter milih yg benar dan yg baik. biarlah qt tdk gaul dg mrka, yg penting qt gaul dg Allah, qt dekat dg Allah, shingga Allah sayang sama qt, dan jika Allah sayang maka seluruh mahluk yg ada dibumi jg akan sayang pd qt.

dibilang bu haji?, aamiin, semoga perkataan tsb mjdi doa, agar suatu saat nanti mampu pergi ke Baitullah, beribadah haji. ternyata gampang kan?,menepis celotehan mreka..

Marilah saudariku, kuatkan keimanan mu, perjuangkan niat dan kesungguhan mu utk berhijab.fokuslah pada perkataan Allah.. semoga dg berjilbab menutup aurat kita akan lebih kuat lagi rasa malu nya, sehingga dg malu itu hati terjaga dan akhlaq pun terbina. dan untuk menguatkan nya jgn lupa perbanyak ilmu syar'i. bukankah menuntut ilmu adalh wajib bgi tiap muslim dan muslimah.

ayo semangat! ayo semangat!

betapa nikmatnya berhijab, serasa mjdi wanita yg terpilih dan dipilih Allah. SEMOGA KITA SEMUA TETAP DALAM KEISTIQ0MAHAN.

Ditulis oleh: Fahda Lania
===================

You Might Also Like

1 komentar

  1. Bagus, buat akhwat yg belum berhijab..

    Salam kenal
    nomor2.blogspot.com

    BalasHapus

silahkan jika ada saran dan masukan yang membangun...

attention

attention

lets Follow by Email

Translate