sebuah rahasia dibalik PANCASILA.....

18.42

 

pendidikan pancasila
rahasia dibalik PANCASILA
Dan aplikasinya didalam kehidupan




 
Melihat dari problematika bangsa saat ini sangatlah disayangkan dimana nilai-nilai luhur yang terkumpul dan diabadikan dalam pancasila seakan sudah tidak di pedulikan dan hanya dijadikan sebagai bahan bacaan dibangku sekolah dasar atau bahkan pajangan disekolah-sekolah dan instansi pemerintahan.

Degradasi moral dengan  segala polemic yang menyertainya seakan adalah bukti nyata ketika nilai luhur PANCASILA yang dijadikan sebagai pedoman bangsa,pokok dari terbentuknya Negara Indonesia mulai benar-benar diguncang dan diuji ketahanannya,sehingga kita sebagai generasi penerus bangsa seharusnya mulai mengembalikan nilai luhur PANCASILA tersebut dan mengaplikasikan nya dalam kehidupan dan bukan hanya menghafal urutannya dari 1 sampai 5.


Sifat kecintaan terhadap pancasila itu sendiri dapat timbul ketika kita mengenalnya dan mengetahui apa rahasia dibalik PANCASILA tersebut,maka berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai PANCASILA.

1.       Secara etimologis: Perkataan Pancasil mula-mula terdapat dalam perpustakaan Buddha yaitu dalam Kitab Tripitaka dimana dalam ajaran buddha tersebut terdapat suatu ajaran moral untuk mencapai nirwana/surga melalui Pancasila yang isinya 5 J yaitu:
1.      Jangan mencabut nyawa makhluk hidup/Dilarang membunuh.
2.      Jangan mengambil barang orang lain/Dilarang mencuri
3.      Jangan berzinah
4.      Jangan berbohong/berdusta.
5.      Jangan minum yang menghilangkan pikiran/Dilarang minuman keras.
Diadaptasi oleh orang jawa menjadi 5 M = Madat/Mabok, Maling/Nyuri, Madon/zina, Maen/Judi, Mateni/Bunuh.



2.Pengertian secara Historis
·        Pada tanggal 01 Juni 1945 Ir. Soekarno berpidato tanpa teks mengenai rumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
·        Pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia memproklamirkan kemerdekaan, kemudian keesokan harinya 18 Agustus 1945 disahkanlah UUD 1945 termasuk Pembukaannya dimana didalamnya terdapat rumusan 5 Prinsip sebagai Dasar Negara yang duberi nama Pancasila. Sejak saat itulah Pancasila menjadi Bahasa Indonesia yang umum. Jadi walaupun pada Alinea 4 Pembukaan UUD 45 tidak termuat istilah Pancasila namun yang dimaksud dasar Negara RI adalah disebut istilah Pancasila hal ini didaarkan interprestasi historis terutama dalam rangka pembentukan Rumusan Dasar Negara.

3.Pengertian Pancasila Secara Termitologis
Proklamasi 17 Agustus 1945 telah melahirkan Negara RI untuk melengkapai alat2 Perlengkapan Negara,PPKI mengadakan sidang pada tanggal 18 Agustus 1945 dan berhasil mengesahkan UUD 45 dimana didalam bagian Pembukaan yang terdiri dari 4 Alinea didalamnya tercantum rumusan Pancasila. Rumusan Pancasila tersebut secara Konstitusional sah dan benar sebagai dasar negara RI yang disahkan oleh PPKI yang mewakili seluruh Rakyat Indonesia
Pancasila Berbentuk:
1.      Hirarkis (berjenjang);
2.      Piramid.
A. Pancasila menurut Mr. Moh Yamin adalah yang disampaikan di dalam sidang BPUPKI pada tanggal 29 Mei 1945 isinya sebagai berikut:
1.      Prikebangsaan;
2.      Prikemanusiaan;
3.      Priketuhanan;
4.      Prikerakyatan;
5.      Kesejahteraan Rakyat
 
B. Pancasila menurut Ir. Soekarno yang disampaikan pada tangal 1 Juni 1945 di depan sidang BPUPKI, sebagai berikut:
1.      Nasionalisme/Kebangsaan Indonesia;
2.      Internasionalisme/Prikemanusiaan;
3.      Mufakat/Demokrasi;                     
4.      Kesejahteraan Sosial;
5.      Ketuhanan yang berkebudayaan;
“Sekarang banyaknya prinsip: kebangsaan, internasionalisme, mufakat, kesejahteraan, dan ketuhanan, lima bilangannya. Namanya bukan Panca Dharma, tetapi saya namakan ini dengan petunjuk seorang teman kita ahli bahasa - namanya ialah Pancasila. Sila artinya azas atau dasar, dan diatas kelima dasar itulah kita mendirikan negara Indonesia, kekal dan abadi.”

C. Pancasila menurut Piagam Jakarta yang disahkan pada tanggal 22 Juni 1945 rumusannya sebagai berikut:
1.      Ketuhanan Yang Maha Esa
3.      Persatuan Indonesia
4.  Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dan permusyawaratan    perwakilan
5.      Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia



NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM PANCASILA








kurang lebih inilah ringkasan dari karya tulis yang saya ajukan kepada dosen pendidikan pancasila saya,yang kemudian terpilih menjadi karya tulis terbaik pada waktu itu,begitu karya tulis saya ini terpilih,saya langsung didaulat untuk dapat mempresentasikannya didepan teman-teman satu kelas saya,menjadi tantangan tersendiri bagi saya ketika mendapat informasi ini,dalam mempresentasikannya tentu saya tidak pakai karya tulis saya yang asli yang berjumlah puluhan lembar.kemudian karya tulis saya,saya ringkas yang hasil ringkasannya adalah sebagaimana anda lihat diatas,jika ada redaksi-redaksi yang salah saya mohon maaf,semoga artikel ini dapat bermanfaat....


 penulis

 ika amalia




You Might Also Like

0 komentar

silahkan jika ada saran dan masukan yang membangun...

attention

attention

lets Follow by Email

Translate