pemuda!!!!!!!!! BISA!!!!!!

23.24



Kata mutiara


1.Bangsa penakut tidak boleh merdeka dan tidak berhak merdeka. Ketakutan adalah penasihat yang sangat curang untuk kemerdekaan -Andre Colin

2.  Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai sesuatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa merdeka –Soekarno

3.Optimis akan bangkitnya Indonesia dari berbagai keterpurukan harus didasarkan pada langkah strategis, teknis dan operasional yang jelas, bukan sekadar angan-angan tanpa kerja keras dan karya nyata atau bermimpi disiang bolong -Andi Gunawan

4.Optimis, harapan, semangat dan keyakinan akan sebuah kebangkitan adalah keharusan yang tidak bisa di tawar bagi setiap elemen bangsa sedangkan perasaan miskin, minder dan bodoh harus dibuang jauh-jauh dari benak kita -Andi Gunawan

5. ”Perubahan tidak akan datang jika kita menunggu orang lain atau waktu lain. Kitalah orang yang telah ditunggu-tunggu itu. Kita adalah perubahan yang kita cari.-Barack Hussein Obama


 POLITIK DAN PERAN PEMUDA
 

Kehancuran bangsa dan penjajahan baru tidak akan datang pada kita kecuali jika kita membiarkan bencana dan penjarah terus datang tanpa tindakan dan solusi yang kongkret.

           Perubahan tidak boleh berhenti.berhentinya perubahan adalah penghianatan terhadap nilai-nilai kemerdekaan dan kemanusiaan.menghentikan roda perubahan adalah kemunduran peradaban manusia.dan kemerdekaan Indonesia adalah pilihan perubahan bagi tegaknya nilai-nilai kemerdekaan,kemanusiaan,dan kemajuan peradaban bangsa dan Negara.

           Kini cita-cita kemerdekaan 1945 hanyalah mimpi belaka.kehancuran Negara dan bangsa ini begitu sistemis dan fundamental.perilaku politik belah bamboo,monopoli ekonomi,kekuasaan yang peragu dan otoriter.ketidak pastian hukum dan lain sebagainya adalah warisan bangsa penjajah yang telah melemahkan daya bangsa secara kolegtiv ditengah  persaingan dengan bangsa-bangsa lain.menyadari berat na tantangan bangsa dalam mewujudkan peradaban Indonesia yang egaliter,demokratis,dan berkeadilan maka kaum muda Indonesia mengeluarkan pokok-pokok program revolusi yang menjadi dasar konstruksi Indonesia masa depan yang di cita-cita kan.

1.      Marebut wacana kepemimpinan,wacana masa depan dan praktik ketata negaraan yang lebih bermartabat

2.      Menata ulang cita-cita masa depan bangsa sebagai realisasi dari Negara yang plural demokratis.

3.      Merekonstruksi baru sebagaikatartis dan arena yang membebaskan dengan melibatkan seluruh element masyarakat

4.      Menyelenggarakan  “keadilan untuk semua” sebagai realisasi dari pesan dasar bangsa Negara hukum.

5.      Redistribusi kekayaan alam,kekayaan intelektual,kekayaan moral,sebagai cita-cita bagi pencapaian masyarakan Negara sejahtera.

6.      Mentradisikan perbedaan (bhineka) memupuk oposisi,membagi 

kekuasaan,melancarkan masyarakat yang aktiv,partisifativ,dan kontestatif.
Kesemua itu dapat direncanakan,dicapai ,dan diulai dengan melaksanakan kepemimpinan kaum muda yang memiliki prinsip-prinsip perjuangan dalam tujuh hal penting:

1.      Kami merealisaikan ideology “lkeindonesiaan yang demokratik dan kerakyatan(idemkra)

2.      Menciptakan sebuah “consensus social yang demokratis dengan melibatkan seluruh warga Negara untuk membangun konstitusi yang adil berdasarkan law governed state yang bersendikan keadilan.

3.      Membentuk kepemimpinan nasional yang demokratis dan ditujukan untuk mengahiri regenerasi kepemimpinan nasional.

4.      Pembangunan pertanian dan industrialisasi nasional tanpa ketergantungan terhadap Negara lain.

5.      Mentradisikan budaya sipil martabatif,demokratis kerakyatan,dan ilmiah.
Beradu argument,menciptakan paradigm menyosialisasikan visi kaum muda bukanlah gerakan yang omomg kosong.       

                        Sulit memang mengharapkan  munculnya pemimpin baru diera reformasi karena lengsernya soeharto pada 21 mei 1998 tidak dengan sendirinya menyebabkan hilangna budaya politik.transisi dari rezim orde baru yang korup dan otoriter menuju Negara demokrasi tidaklah berjalan dengan mudah.pada dasarnya tidak pernah terjadi pergantian rezim di Indonesia ,sebab yang terjadi hanyalah sekedar transplacement rezim dimana secara fisik mantan pejabat-pejabat dan para politisi masa lalu 

             hari sumpah pemudakita peringati kemarin(28 oktober), Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia, proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudia mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi Mengangkat Harkat dan Martabat Hidup Orang Indonesia Asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.

Rumusan Sumpah Pemuda ditulis Moehammad Yamin pada sebuah kertas ketika Mr. Sunario, sebagai utusan kepanduan tengah berpidato pada sesi terakhir kongres. Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Yamin.walau ada dari sebagian dari pemuda itu sendiri tidak tau akan sumpah pemuda.maka Nilai dan sikap positip seperti di atas yang ada pada setiap pribadi manusia Indonesia harus terus dibangkitkan dan tetap menyala-nyala dalam memperjuangkan kebangkitan nasional Indonesia kedua, tanpa itu semua kebangkitan nasional seperti tubuh tanpa ruh.

Untuk menumbuh-kembangkan nilai-nilai dan sikap postip dalam kehidupan sehari-hari tidaklah semudah membalikan telapak tangan, harus diajarkan kepada anak-anak sedini mungkin. Oleh karena itu sistem pendidikan yang baik dan sarana penunjangnya harus dijadikan langkah strategis kebangkitan nasional kedua.
Pendidikan yang mengajarkan nilai dan sikap yang baik akan menstimulus peserta didik untuk berlaku cinta kepada tanah airnya dan sesamanya serta mengajak bangsanya pada kehidupan yang lebih baik. Mewujudkan kehidupan yang lebih baik adalah bentuk kebangkitan nasional, yang tentunya harus selalu ditingkatkan sampai kepada tingkat dimana kehidupan bangsa Indonesia layak dijadikan contoh bagi bangsa lain.

Sistem pendidikan yang baik tidak sekedar mencetak peserta didik menjadi pandai atau mencetak tenaga kerja ahli atau trampil. Sistem pendidikan yang baik adalah menjadikan peserta didik menjadi dirinya yang diarahkan agar memahami fungsi dirinya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sehinga menjadi kader dan pemimpin bangsa yang mumpuni.

Siap menjadi kader dan pemimpin bangsa adalah sikap terbaik dari peserta didik sebagai awal bagi kebangkitan nasional sekaligus indikator keberhasilan pendidikan di Indonesia. Dengan siap menjadi pemimpin bangsa berarti peserta didik akan mempersiapkan diri untuk mewujudkannya dengan nilai-nilai dan sikap positip lainnya.

maka jika pemuda bangsa ini sudah mulai bangkit dan meninggalkan segala bentuk kesiasian dimasa depan yang hanya menimbulkan penyesalan,niscaya negara kita akan selangkah lebih maju dari sebelumnya.jadi tunggu apa lagi mari berlomba-lomba dalam mencapai prestasi yang tinggi dan bangun bangsa indonesia menjadi negara sejahtera,damai,sentosa,yang selalu diidamkan oleh semua kepala.....semangaddd!!!! pemuda!!!! BISA!!!!!!!!!!!!! 



You Might Also Like

0 komentar

silahkan jika ada saran dan masukan yang membangun...

attention

attention

lets Follow by Email

Translate